Lahan Basah di Sekitar Kita

Pendahuluan | Pengelompokan dan Tipe-Tipe Lahan Basah | Kondisi Lahan Basah di Indonesia | Manfaat Lahan Basah | Penutup


Pendahuluan

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang mempunyai 17.508 pulau. Indonesia terbentang antara 6° garis lintang utara sampai 11° garis lintang selatan, dan dari 9° sampai 141° derajad garis bujur timur serta terletak antara dua benua Asia dan Australia/Oceania.
Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil antara Samudra Pasifik. Apabila perairan antara pulau-pulau di gabungkan, maka luas indonesia menjadi 1.9 juta mil persegi.

 
Ada lima pulau besar di Indonesia, yaitu :
1. Sumatera dengan luas 473.606 km2
2. Jawa dengan luas 132.107 km2
3. Kalimantan dengan luas 539.460 km2
4. Sulawesi dengan luas 189.216 km2 dan
5. Papua dengan luas 421.981 km2
Jadi luas ke lima pulau-pulau besar itu adalah 1.761.370 km2 .
Sementara itu masih ada 170.503 pulau lain yang terdapat di dalam wilayah 1.9 juta km2 .
 
Sebagai negeri kepulauan maka tanah air kita sangat di pengaruhi oleh air yang menyebabkan musim dan lingkungannya tergantung pada keadaan air. Kalau dibandingkan dengan wilayah tengah Afrika yang kering maka tidak salah kalau negeri kita lebih tepat dinamai berlahan basah.
Kawasan Lahan Basah merupakan bagian bumi tanah air Nusantara yang "Basah" baik karena resapan curahan air hujan ke tanah dataran pinggiran sungai dan danau di mana pun seputar muara dan perairan rawa dan payau, sepanjang daerah pantai.
Namun untuk mengetahui makna lahan basah maka lebih baik kita ketahui lebih dahulu apakah yang dinamakan lahan basah itu
 
Sebagai negeri kepulauan maka tanah air kita sangat di pengaruhi oleh air yang menyebabkan musim dan lingkungannya tergantung pada keadaan air. Kalau di bandingkan dengan wilayah tengah Afrika yang kering maka tidak salah kalau negeri kita lebih tepat dinamai berlahan basah.Kawasan lahan basah merupakan bagian bumi tanah air Nusantara yang "Basah" baik karena
resapan curahan air hujan ke tanah dataran pinggiran sungai dan danau di mana pun seputar muara dan perairan rawa dan payau, sepanjang daerah pantai.
Namun untuk mengetahui makna lahan basah maka lebih baik kita ketahui lebih dahulu apakah yang dinamakan lahan basah itu


Lahan Basah :
Akibat pengaruh air terhadap lingkungannya maka lahan yang ada cenderung basah. Indonesia adalah salah satu negeri di dunia yang memiliki lahan basah yang sangat besar
 
Lahan basah menurut Konvensi Ramsar 1991 adalah daerah payau, paya, tanah gambut atau perairan, baik yang bersifat alami maupun buatan, tetap maupun sementara, dengan perairan yang tergenang maupun mengalir, tawar, agak asin ataupun asin, termasuk daerah-daerah perairan laut yang kedalamannya tidak lebih dari 6 meter pada waktu air surut.

ke atas

Pengelompokan Tipe-Tipe Lahan Basah

Dititik dari keadaan bumi kita maka 1/4 bagian darinya terdiri dari lahan basah. Ada pun luasnya sekitar 40 juta hektar. Lahan basah itu terbentuk secara alamiah.

 
Perusahaan kawasan pantai secara ekonomi berupa tambak udang di imbangi dengan penanaman bakau sehingga dikenal dengan adanya lahan basah buatan.
 
Sawah adalah lahan buatan yang di upayakan dengan cara membuat irigasi. karena itu kita kenal pembuatan waduk dan bendungan. Jatiluhur contohnya, airnya dialirkan ke Jakarta lewat sungai buatan pula, namanya Kali Malang, untuk memasok air baku yang diolah menjadi air minum.
 


Petak sawah merupakan lahan buatan


Perusahaan Air Minum (PAM)

 
Yang paling spektakuler dari campur tangan manusia misalnya Proyek Lahan Gambut Sejuta Hektar di Kalimantan Tengah merupakan upaya mengubah kawasan lahan basah alami menjadi kawasan lahan basah buatan. Jadi dapat dikatakan bahwa lahan basah itu dapat di golongkan ke dalam kelompok :
a. Lahan Basah Alami, dan
b. Lahan Basah Buatan

Proyek Lahan Gambut

ke atas

Kondisi Lahan Basah di Indonesia

Yang terbanyak dan terluas dari lahan basah di sekitar kita berada di pesisir pantai. Kedalaman air laut di sana paling kurang dari 6 meter ketika pasang rendah

 
Pantai itu ada yang terbuka rata, ada tang menutup menjadi selat dan teluk, dan menonjol menjadi tanjung. Ada pantai yang berpasir, berlumpur, berbatu-batu, dan campuran. Umumnya tanaman yang tumbuh adalah nipah, api-api, dan bakau. Burung dan ikan pun berkembang subur, demikian juga binatang pantai. Yang paling alami dari pantainya menjadi tempat pengembangbiakan penyu.
 
Lahan basah rawa-rawa berada di cekungan yang membuat air tergenang ketika ketinggian airnya belum dapat mengatasi wilayah hilir. Tumbuhan rawa yang paling banyak adalah tumbuhan air yang merambat seperti enceng gondok.
Pepohonan umumnya dapat tumbuh dengan baik di air. Misalnya nipah, api-api, dan bakau. Ikan dan udang banyak menghuni rawa. Sementara itu monyet ekor panjang meramaikan dedahanan. Binatang liar lain seperti harimau, tapir, badak dan banteng banyak ditemui disana. Burung pemakan ikan dan bangau menjadi penghuni tetap.
Namun burung migran kerap mampir sebelum melanjutkan perjalanan antar benua untuk mencari iklim yang sesuai bagi mereka.

Tanaman enceng gondok di rawa-rawa


Burung-burung Bangau di hutan bakau
 
Selain adanya lahan basah yang airnya tergenang atau mengalirnya hanya sewaktu-waktu maka, ada lagi lahan basah berair mengalir. Lahan basah demikian kita kenal sepanjang aliran sungai mulai dari hulu sampai muaranya. Di hulu, badan sungai itu masih sempit dan berbatu. Airnya tawar dan lajunya deras. Tumbuhan yang umum adalah lumut dan pakis. Tetapi mendekati muara, badan sungai melebar dan air menjadi payau. Laju air melambat sehingga tumbuhan air sempat tumbuh. Danau termasuk ke dalam lahan basah alami berair tawar yang ada di daratan sumber airnya ada di sekitarnya dan biasanya mengalir ke hilir melalui sungai-sungai.
 


Lahan basah sepanjang aliran sungai


Danau sebagai lahan basah alami

 
Bila airnya banyak, tentu saja dapat di gunakan sebagai sumber daya seperti untuk menggerakkan turbin pembangkit tenaga listrik.

PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
 
Danau dapat di buat dengan membendung aliran sungai. Namanya waduk. Tambak dan kolam ikan air tawar adalah tergolong ke dalam jenis lahan tanah basah. Namun tambak udang sebaliknya, air laut di alirkan ke sana. Demikian juga tambak garam.

Tambak Garam
 
Irigasi adalah contoh lain pemanfaatan air untuk keperluan tanaman pangan dengan bercocok tanam di sawah

ke atas

Manfaat Lahan Basah

Manfaat langsung dari lahan basah bagi kehidupan dapat kita lihat di pesisir pantai. Mangrove dan terumbu karang dapat mencegah abrasi air laut

 
Jika wilayah pesisir pantai rusak maka resapan air laut akan masuk ke lahan pertanian sehingga dapat merusaknya. Jika air laut meresap ke wilayah pemukiman maka air sumur penduduk akan berubah menjadi asin. Terjadi proses fisika-kimia dan biologi di suatu ekosistem. Yaitu pergerakan air melalui lahan basah ke sungai atau laut; pembusukan bahan organik; pelepasan unsur nitrogen, sulfur, dan karbon ke atmosfir; pengambilan unsur hara, sedimen dan bahan organik dari air ke dalam lahan basah.; dan pertumbuhan serta perkembangan seluruh organisme yang memerlukan lahan basah untuk kehidupannya.
 
Jika wilayah pesisir pantai rusak maka resapan air laut akan masuk ke lahan pertanian sehingga dapat merusaknya. Jika air laut meresap ke wilayah pemukiman maka air sumur penduduk akan berubah menjadi asin. Terjadi proses fisika-kimia dan biologi di suatu ekosistem. Yaitu pergerakan air melalui lahan basah ke sungai atau laut; pembusukan bahan organik; pelepasan unsur nitrogen, sulfur, dan karbon ke atmosfir; pengambilan unsur hara, sedimen dan bahan organik dari air ke dalam lahan basah.; dan pertumbuhan serta perkembangan seluruh organisme yang memerlukan lahan basah untuk kehidupannya.

Sampah yang menumpuk di muara sungai
 
Memelihara lahan basah pesisir akan mendukung fungsi ekologi. Karena lahan basah itu akan menahan sedimen darat yang dapat mencemari laut.

Daerah di pesisir pantai
Penduduk yang tinggal di sekitar pesisir dan sungai memanfaatkannya sebagai sarana transportasi, sementara itu beberapa wilayah lahan basah yang asri bermanfaat sebagai daerah tujuan wisata yang terkenal namanya dengan ekowisata
 

Ekowisata Lahan Basah
 

ke atas

Penutup


Hutan Mangrove

 
Lahan basah memiliki peranan yang penting dalam menyumbang keragaman hayati, pengatur iklim dunia, sumber pangan, sumber sirkulasi air, sumber perikanan, obat-obatan bagi masyarakat setempat.
Mari kita pelihara lahan basah kita agar tetap memberi manfaat bagi kehidupan umat manusia dan makhluk hidup lainya.

 

ke atas

  1 - 2 - 3 - 4 - 5